FIFA Terapkan Teknologi Garis Gawang di PD 2014 Brazil

Posted: February 21, 2013 in Teknologi, Terkini
Tags:

20130220115939391Federasi Sepakbola Dunia, Selasa (19/2) memastikan bahwa teknologi garis gawang akan diterapkan pada Piala Dunia 2014 mendatang di Brasil. Hingga saat ini ada empat sistem yang mengikuti seleksi FIFA dan FIFA akan memilih sistem mana yang akan diterapkan pada Piala Konfederasi pada Juni 2013 mendatang.

“Perusahan-perusahan GLT (Goal Line Technology) akan diundang untuk mengikuti kunjungan ke Brasil guna meninjau stadion-staion tempat penyelenggaraan Piala Konfederasi. Kunjungan ini dijadwalkan berlangsung pada pertengahan Maret nanti,” demikian bunyi pernyataan FIFA.   

Presiden FIFA Sepp Blatter sendiri menegaskan bahwa FIFA akan menyediakan teknologi tinggi untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan soal sah tidaknya sebuah gol yang sudah melewati garis gawang seperti yang terjadi pada laga perempat final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan antara Inggris versus Jerman.

Ketika itu, tendangan keras Frank Lampard membentur bagian bawah mistar gawang Manuel  Neuer dan bola pantul sudah berada di luar garis gawang sebelum berhasil dihalau pemain Jerman. Bola yang seharusnya gol itu ternyata tidak disahkan oleh wasit.   Keputusan FIFA ini diambil oleh salah satu panel bentukan FIFA bernama IFAB pada Juli lalu.

Mereka sepakat menggunakan teknologi garis gawang pada pertandingan-pertandingan kompetitif setelah melakukan uji coba yang panjang terhadap dua sistem.   Pada Piala Dunia Antarklub di Jepang Desember 2012 lalu, dua sistem teknologi garis gawang yaitu sistem Hawk-Eye dan GoalRef diterapkan. Kedua sistem ini menggunakan sensor magnetik. Hawk-Eye sudah digunakan dalam cabang tenis dan kriket. Sistem ini dibuat oleh sebuah perusahan Inggris yang sudah dibeli Jepang.

Sedangkan sistem GoalRef menggunakan sensor magnetik yang dipasang di gawang untuk melacak bola pintar dibuat oleh sebuah perusahan Denmark. Dua sistem ini memberi informasi kepada wasit yang memimpin pertandingan melalui jam tangan yang dipakainya.

Dua sistem ini akan bersaing dengan dua sistem lainnya yang belum diungkapkan namanya untuk digunakan pada Piala Dunia nanti. Dari dua sistem yang terakhir ini, satunya sudah lolos tes di Institut Teknik FIFA yang berbasis di Zurich, Swiss, sementara hasil dari uji terhadap sistem kedua baru akan keluar bulan ini.

Sementara itu di Inggris, Football Association atau FA mengatakan bahwa mereka akan mulai menerapkan teknologi garis gawang di Liga Utama Inggris pada Agustus mendatang.

sumber : www.suarapembaharuan.com

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s