Anti Virus “Kelebihan dan Kekurangan”

Posted: January 31, 2013 in Programer
Tags: ,

Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mengamankan, mendeteksi, dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Antivirus disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan).

namun di balik itu smua anti virus mempunyai beberapa kekurangan dan kelebihan. yaah namanya jg ciptaan manusia lom ada yg sempurna.(hehehe)

untuk itu kita harus ketahui kekurangan dan kelebihan anti virus itu sendiri..berikut anti virus yg saya posting.

1. Bitdefender Antivirus Plus

BitDefender adalah salah satu provider antivirus milik Romania yang cukup bagus dalam pendeteksian virus. Pada review AV-Test, BitDefender mendeteksi sekitar 97% lebih virus yang dites, yaitu sekitar 1,3 juta lebih. Pendeteksian ini memang kalah sekitar 2% dari Avira. Namun, pada Avira, Avira tidak mendeteksi adanya Hack Tool dan pendeteksian Back Door program juga kecil. Pada BitDefender hampir 100% potensial Hack Tool dan Back Door program dapat terdeteksi, temasuk Patch untuk BitDefender yang saya (SM2) gunakan. Memang, tidak ada antivirus yang dapat mendeteksi virus 100%, karena setiap antivirus pasti ada kelemahan dan kekurangannya masing-masing. Tapi yang pasti kelebihan BitDefender Antivirus adalah : * Scan trafik semua layanan web, email, dan instant messenger dari virus dan spyware secara realtime. * Proteksi proactive dari virus-virus baru dengan advanced heuristic. * Blok usaha pencurian identitas (phising) * Pencegahan terbukanya informasi personal baik via email,web atau instant messenger * Fasilitas baru, Instant Messenger Encryption (Yahoo! Messenger v8 dan Windows Live Messenger v8.5 ) * Mengurangi loading sistem, dan menghindari interaksi user ketika menjalankan game. * Hanya menggunakan sedikit sistem resources * Laptop Mode, yang mempertahankan daya tahan batterai * Family Network Protection * Update tersedia tiap jam System Requirement * Processor 800 Mhz atau lebih tinggi * RAM 256 MB (rekomendasi 512 MB) untuk WinXP, dan 512 MB (rekomendasi 1 GB) untuk Vista. * Windows XP dengan service Pack 2 (32/64 bit) atau lebih tinggi, Vista (32/64 bit) dan Windows Home server. * Disk space 170 MB.  

2. Kaspersky Anti-Virus

Kelebihan Kaspersky Antivirus : a. Update antivirus selalu up to date (3 jam sekali) b. Tampilan grafisnya bagus (user friendly) c. Komponen Proactive Defense merupakan kelebihan utama program ini. Dibuat dengan tujuan untuk menganalisa kebiasaan program yang terinstall, memonitor perubahan di system registry, tracking macros, dan mencegah ancaman tersembunyi d. Tidak cuma memproteksi terhadap virus tetapi juga serangan dari network e. Terdapat fitur “heuristic” seperti pada NOD32. Fungsinya jka ada virus baru langsung terdeteksi f. Terdapat exclusion database yang bisa di install ke engine kaspersky antivirus yang dapat membantu untuk vaksin virus yang tidak mempan pakai cara biasa g. Bisa “Yes to All” saat ingin meng-execute perintah DELETE virus h. Cepat lambat waktu scanning virus bisa diatur i. Terdapat “System Restore” untuk mengembalikan nilai registry yang diubah oleh malicious program ke nilai aslinya lagi j. Bisa membedakan mallware dan virus Kekurangan Kaspersky Antivirus : a. Proses awal start program agak lama karena loading database terlebih dahulu sekalian scan critical object b. Proses scanning virus yang lama c. Update “daily.zip” seringkali broken yang menyebabkan komputer hang.  

3. AVG Anti-Virus

Beberapa kelebihan dan kekurangan antivirus, yaitu salah satunya adalah AVG Antivirus. AVG Antivirus merupakan salah satu antivirus terbaik di dunia, sehingga sudah terbukti keampuhannya untuk melindungi komputer kita dari serangan virus. Namun setiap antivirus pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Kelebihan AVG Antivirus : a. Memiliki maintainability cukup tinggi b. Otomatis dapat mengupdate dirinya sendiri apabila komputer terkoneksi ke internet c. Update Antivirus AVG tersedia setiap harinya d. Waktu Scanning virus tergolong cepat e. Tidak terlalu memakan banyak memory PC atau Laptop f. Pada waktu scanning virus tidak memperlambat kinerja PC atau Laptop Kekurangan AVG Antivirus : a. Bergantung pada Sistem Operasi PC atau Laptop b. Biasa membaca file.exe menjadi sebuah virus c. Bila mendapatkan file yang terinveksi virus maka AVG akan mendeletenya bersama dengan file kita d. Kurang bersih dalam scanning virus e. Penggunannya lebih ribet dibandingkan antivirus lain

4. Avast! Pro Antivirus

Kelebihan Antivirus AVAST : Avast Home Edition menawarkan anti virus, worm, trojan, boot time scanner, feature screen saver scaner membuat antivirus ini dapat bekerja sebagai screen saver Scanning cepat Tampilan AVAST cukup menarik Online update Compatible Windows XP, Vista, Seven AVAST menggabungkan teknologi anti-spyware dengan jaminan dari West Coast Lab’s Checkmark process dan anti-rootkit nya Realtime protection Memiliki fiture karatina AVAST bisa digunakan sebagai screen saver Dapat melaksanakan boot scan Kekurangan Antivirus AVAST : AVAST belum memiliki file update offline sehingga update harus dalam keadaan online. Seleksi virus lokal kurang handal Terkadang AVAST tidak bisa heal virus infection.  

5. Avira AntiVir Premium 

Avira Antivir Personal Free Antivirus. Seperti juga AVG, Avira juga menawarkan antivirus gratis. Dengan file instalasi yang hanya sekitar 24 MB ( lebih kecil dibanding AVG Free Edition yang berukuran sekitar 32 MB, versi 8 sekitar 47 MB ), antivirus ini memang cukup bagus, banyak sambutan positif dari berbagai penggunanya. Hasil scan relatif lebih banyak mendeteksi virus dibanding AVG, atau antivirus lainnya, walaupun tidak sedikit laporan tentang kesalahan mendeteksi virus, sehingga kita harus selalu siap untuk memutuskan apakah yang terdeteksi itu virus atau bukan. Tetapi hal itu yang membuat Antivir lebih mampu mendeteksi varian virus terbaru. Pengaturan tentang hal itu nantinya bisa disesuaikan, di menu Configuration. Proses Update Seperti hampir semua antivirus, Antivir juga menyediakan fasilitas automatic update jika kita mempunyai koneksi langsung ke Internet. Mengenai Manual Update, dibanding AVG, proses update mungkin agak merepotkan bagi yang mempunyai koneksi lambat, karena ukuran update hanya satu file dengan ukuran lebih dari 15 MB, sampai saat ini belum ada pilihan untuk file yang lebih kecil. Tetapi setelah file update didapat, proses update sangat mudah. Setiap Antivirus pasti memiliki kelebihan dan kelemahan. Setelah menggunakan Antivir, berikut beberapa kelebihan dan kelemahan dibanding antivirus lain, terutama AVG Free Edition. Kelebihan : Mampu mendeteksi virus-virus yang tidak bisa dideteksi antivirus lain Terintegrasi dengan pendeteksi Rootkit Kemudahan untuk mengaktifkan / non aktifkan antivirus. Proses scan relatif cepat Pemakaian resources memori yang kecil Update Virus Definition yang relatif cepat Ada fasilitas untuk mencari nama virus, dari daftar yang ada Mampu menambah Scheduler scan atau update sebanyak mungkin. Kekurangan : Kadang salah mendeteksi aplikasi/file sebagai virus. Customisasi scan hanya untuk drive, tidak bisa untul folder. Ukuran Update manual yang harus di download cukup besar, belum ada alternatif yg lebih kecil. Membuka file karantina yang berisi ribuan akan sangat lama Aplikasi tidak bisa di maximize.

Comments
  1. Abram says:

    Sy pake kombinasi Baidu antivirus dan Smadav, itu kyknya udah bisa mengatasi hampir semua jenis virus.

    • andynoize says:

      maaf baru blz..
      iyaaa memang bnar kadang jg kombinasi AVG dan samadav jg sudah cocok..
      tp yg terpenting adalah jgn lupa utk meng-Update anti virus anda ^_^
      terima kasih..

  2. Bitdefender says:

    klo saya buat menangkal virus pakai kombinasi bitdefender free edition sama smadav

Komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s